Peringatan Hari Lahir Pancasila, Wawalikota Surabaya, Pemkot Sudah Membumikan Nilai Nilai Pancasila

avatar Parlementaria.ID

Parlementaria, Surabaya - Setiap Hari Lahir Pancasila yang diperingati setiap 1 Juni. Karena sudah ada Penetapan Hari Lahir Pancasila pada 1 Juni yang didasarkan pada Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 24 Tahun 2016.

Dengan adanya penetapan tersebut, Wawalikota Surabaya segenap berharap semua komponen bangsa dan masyarakat Indonesia berkomitmen untuk memperingati Hari Lahir Pancasila sebagai bagian dari pengaruh utama Pancasila sebagai panduan dalam seluruh bidang kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara dikehidupan sehari hari.

Pada kali ini Peringatan Hari Lahir Pancasila di Tahun 2022 mengusung tema "Bangkit bersama membangun peradaban dunia".

Wakil Walikota Surabaya Armuji menyebutkan Pemerintah Kota Surabaya juga sudah membumikan Nilai - nilai Pancasila melalui berbagai kebijakan diantaranya Jaminan Kesehatan Semesta , Pemerataan Akses kepada UMKM melalui E - Peken dan Pendidikan Bagi Warga tidak mampu.

" Semangat membumikan nilai kemanusiaan yang adil dan beradab serta mewujudkan keadilan sosial bagi seluruh rakyat indonesia dapat kita rasakan dengan terwujudnya jaminan kesehatan semesta bagi warga surabaya" , kata Armuji

Sesuai dengan data sebanyak 2.878.512 warga atau sebesar 96,89 Persen warga kota surabaya telah tercover oleh jaminan kesehatan semesta yang sudah dilakukan oleh pemkot. Dengan layanan kelas III secara gratis tidak membedakan antara yang mampu maupun tidak mampu.

" Semangat gotong royong sebagai ruh dan watak bangsa indonesia tercermin nyata saat kit semua menghadapi pandemi , semua pihak mulai dari pemerintah , swasta hingga warga bahu membahu dalam gerakan penanggulangan covid - 19 dan sekarang ekonomi kembali bergerak karena sudah PPKM Level 1 " , ungkap Cak Ji sapan Akrabnya

Dari sisi capaian vaksinasi dosis pertama hingga ketiga tampak kota Surabaya merupakan kota dengan capaian tertinggi . Tercatat sesuai Update data Dashboard Vaksinasi Kemenkes per 31 Mei 2022 , Dosis pertama mencapai 132,81 % atau 2.945.786 jiwa , Dosis kedua mencapai 116,56 % atau 2.585.501 jiwa dan untuk Vaksin Booster mencapai 40,87 % atau 906.531 jiwa.

" Semangat membumikan nilai pancasila nyata hadir melalui kebijakan yang sehari - hari dapat kita rasakan , selamat hari lahir pancasila dan jaya selalu Indonesia" , imbuhnya (P.03)

Editor : Parlementaria