Pemkab Lamongan Tandai HUT ke-52 KORPRI dengan Ziarah Makam Pahlawan

Ziarah makam pahlawan Kesuma Negara Kabupaten Lamongan, Rabu (29/11/2023). Sumber foto: Diskominfo Lamongan
Ziarah makam pahlawan Kesuma Negara Kabupaten Lamongan, Rabu (29/11/2023). Sumber foto: Diskominfo Lamongan

Parlementaria Lamongan - Memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri) ke-52, Pemerintah Kabupaten Lamongan menggelar upacara ziarah rombongan dan tabur bunga di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kesuma Negara Kabupaten Lamongan, Rabu (29/11/2023) pagi.

Bertindak selaku pemimpin apel, Sekertaris Daerah Kabupaten Lamongan, Moh. Nalikan, berharap melalui kegiatan tersebut, ASN di wilayah kerja pemerintah Lamongan dapat tergugah semangat perjuangan sekaligus menjadi tauladan untuk bekerja tanpa pamrih.

Baca Juga: Peringatan Bulan K3, Lamongan Terima Tiga Penghargaan

“Para ASN-ASN mampu mentauladani semangat kepejuangan para pahlawan yang telah gugur, yang bisa kita implemtasikan juga dengan bekerja tanpa pamrih, melayani masyarakat dengan sepenuh hati,” tutur Ketua KORPRI Kabupaten Lamongan itu, dikutip dari rilis Pemkab Lamongan.

Apel yang diikuti seluruh ASN di wilayah kerja Pemkab Lamongan tersebut berjalan penuh khidmat dan tertib. Di TMP Kusuma Negara Lamongan terdapat sebanyak 395 makam yang terdiri dari pahlawan TNI AD 306 orang, TNI AL 10 orang, Polri 22 orang, Pegawai Negeri Sipil (PNS) 5 orang, dan pahlawan tak dikenal sejumlah 52 orang.

Usai melaksanakan upacara penghormatan, Nalikan meminta para ASN untuk melakukan tabur dimasing-masing makam. “Untuk rombongan peziarah, mohon untuk satu makam, satu orang,” tambahnya.

Sementara, Suwito Purnawir, TNI yang diberikan kepercayaan menjaga TMP Kesuma Negara lebih dari 20 tahun mengungkapkan, kunjungan peziarah di TMP tersebut mengalami kenaikan dari tahun-ketahun.

“Hingga detik ini, setelah saya pegang 20 tahun terjadi peningkatan setiap tahun tapi memang tidak ada data secara keseluruhan yang berkunjung. Tapi Alhamdulillah yang saya rasakan sekarang banyak kunjungan dari anak-anak TK hampir seluruh kota yang ada di Lamongan, banyak yang berkunjung di sini ingin tahu tentang sejarah dan siapa yang dimakamkan di sini atau atau sejarah pemakaman di Makam Pahlawan, sekarang banyak lembaga-lembaga yang awalnya tidak pernah jadi berkunjungan, yang sudah pernah menjadi agenda tahunan,” pungkasnya.(*)

Editor : Redaksi