Aksara Jawa Hadir di Taman Apsari Surabaya

Parlementaria, Surabaya - Taman Apsari Surabaya kini menjadi semakin indah dengan kehadiran aksara Jawa. Aksara Jawa yang berbunyi "Taman Apsari" ini dipasang di bagian depan taman yang menghadap ke Gedung Negara Grahadi.

Pemasangan aksara Jawa ini merupakan tindak lanjut dari kebijakan Walikota Surabaya, Eri Cahyadi, tentang penggunaan aksara Jawa di Surabaya. Menurutnya, sebelum 10 November 2023, aksara Jawa ini harus terpasang di kantor-kantor pemerintah yang diharapkan bisa diikuti oleh pihak lainnya.

Baca Juga: BPBD Kota Surabaya Imbau Warga Waspada Pohon Tumbang Akibat Angin Kencang

Pemasangan aksara Jawa di Taman Apsari ini mendapat apresiasi dari berbagai pihak. Tokoh penggerak budaya, A. Hermas Thony, menilai bahwa penempatan aksara Jawa di Taman Apsari ini merupakan langkah strategis dalam membumikan aksara Jawa di Surabaya.

"Surabaya sebagai ibukota provinsi layak menjadi starting point pengembangan aksara Jawa se Jawa Timur," kata Thony.

Baca Juga: FIFA Puji GBT, Wali Kota Eri: Kami Siap Even Internasional Selanjutnya

Warga yang tinggal di sekitar Taman Apsari juga menyambut baik pemasangan aksara Jawa ini. Mereka menilai bahwa aksara Jawa ini merupakan cara yang tepat untuk mengenalkan kembali budaya Jawa kepada generasi muda.

"Aksara Jawa ini kan budaya kita, maka sudah selayaknya jika budaya itu dikenalkan kembali," kata Gatot, seorang wali murid SDN Kaliasin 1.

Baca Juga: Panwascam Tegalsari Bagi-bagi Bunga 'Pemilu Damai'

Dengan kehadiran aksara Jawa di Taman Apsari ini, diharapkan aksara Jawa bisa semakin dikenal dan dilestarikan oleh masyarakat Surabaya. (Par03)

Editor : Redaksi