Menciptakan Wirausaha Muda di Kampus Unesa, Kolaborasi Kemenpora dan Pegadaian

Parlementaria, Surabaya - Kementerian Pemuda dan Olahraga RI bekerja sama dengan PT Pegadaian dan Universitas Negeri Surabaya (Unesa) menggelar kuliah kewirausahaan di Auditorium, Rektorat, Unesa, Jumat (13/10/2023). Kegiatan ini bagian dari upaya pemerintah membekali generasi muda dengan pemahaman dan skill wirausaha.

Kuliah kewirausahaan ini dimulai dengan penyampaian materi oleh Pimpinan Cabang dari PT Pegadaian, Imam Syafi'i. Kemudian dilanjutkan dengan penyampaian Dr. Ir. Hendro Wicaksono, M.Sc.Eng., Asisten Deputi Kewirausahaan Pemuda Kemenpora RI.

Baca Juga: Pengabdian Masyarakat, Dosen Unesa Merancang Mesin Pengolah Kedelai Bahan Baku Tempe

Sambutan berikutnya, Wakil Rektor Bidang Akademik, Kemahasiswaan dan Alumni Unesa, Prof. Dr. Madlazim, M.Si., dilanjutkan sambutan dari Deputi Bidang Pengembangan Pemuda Kemenpora RI, Dr. Raden Isnanta,  M. Pd.

Selanjutnya sesi diskusi tentang ‘Success Theory’ oleh 3 narasumber yaitu Maulana Derifato Achmad sebagai CEO & Founder myECO Indonesia,  Dr. Mohammad Syahidul Haq, M.Pd,  sebagai Owner Fathan Media dan Diava Catering, dan Ahmad Bashri, S.Pd., M.Si., Kasubdit Kesejahteraan dan Kewirausahaan Mahasiswa, Direktorat Kemanasiswaan dan Alumni Unesa.

Dalam pemaparannya, Ahmad Bashri mengatakan Business Model Canvas (BMC) merupakan rancangan bisnis yang memiliki 9 elemen. Menurutnya, untuk mengemas ide bisnis serta mengembangkan strategi bisnis yang lebih besar dapat menggunakan BMC. Ini merupakan strategi yang dapat diimplementasikan penggerak bisnis serta mahasiswa.

Dia mendorong, mahasiswa harus lolos program KWU agar dapat menjadi Wiramuda dengan syarat menghasilkan proposal, ide, dan keberlanjutan usaha. 

Dalam seminar ini, peserta antusias mendengarkan penjelasan setiap narasumber.  Selain itu, sesi tanya jawab juga diharapkan semakin menambah wawasan para audiens karena jawaban yang diberikan oleh narasumber menarik dan informatif. Setelah mengikuti seminar, audiens diharapkan memiliki pengetahuan dalam bidang kewirausahaan dari berbagai aspek.

Salah satunya adalah bagaimana cara membuat Business Model Canvas yang nantinya dapat membantu para perintis bisnis membangun usaha. Tak lupa juga, para narasumber memberikan motivasi dan dukungan kepada wirausahawan muda agar mereka berani mengembangkan usaha yang mereka rencanakan  agar semakin banyak bisnis usaha inovatif yang dikembangkan oleh mahasiswa. (Par03)

Editor : Redaksi