Permudah Layanan Publik, Adi Dukung Langkah Pemkot Beri Anggaran Operasional bagi Balai RW

Ketua DPRD Surabaya Adi Sutarwijono ketika bertemu para tokoh kampung dan warga di kawasan Rungkut Jaya, Kelurahan Wonorejo, Kecamatan Ringkut, Minggu (8/10/2023) malam.
Ketua DPRD Surabaya Adi Sutarwijono ketika bertemu para tokoh kampung dan warga di kawasan Rungkut Jaya, Kelurahan Wonorejo, Kecamatan Ringkut, Minggu (8/10/2023) malam.

Parlementaria, Surabaya - Ketua DPRD Surabaya Adi Sutarwijono mengingatkan Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya untuk mengoptimalkan balai-balai rukun warga (RW) sebagai pusat kegiatan masyarakat, termasuk pelayanan publik.

"Balai-balai RW di Surabaya perlu difungsikan untuk mempermudah pelayanan publik oleh aparatur Pemkot Surabaya," kata Adi dalam keterangannya di Surabaya, Senin (9/10/2023).

Baca Juga: DPRD Surabaya Surati Dewan Komisioner PT PAL Minta Klarifikasi Ulah Oknum

Adi mengatakan, hal itu penting agar pelayanan semakin mendekat dengan warga, semakin terjangkau dan mudah.

Untuk itu, DPRD Surabaya mendukung langkah Wali Kota Eri Cahyadi dan Pemkot Surabaya untuk memberikan anggaran operasional bagi balai-balai RW.

"Bantuan operasional dari Pemkot tersebut, untuk pembayaran listrik dan air, dan lain-lain, sehingga mengurangi beban pembiayaan yang selama ini ditanggung kampung," kata Adi.

Adi juga menjelaskan, lewat dana kelurahan, pembangunan Kota Pahlawan terus diperkuat di kampung-kampung, termasuk pembangunan Balai RW Rungkut Jaya.

Baca Juga: Tetapkan APBD 2024 Rp 10,9 Triliun, DPRD Surabaya Kawal Ketat Alokasi Pendidikan dan Kesehatan

"Lewat dana kelurahan, kami terus benahi pembangunan di kampung-kampung sehingga menjadi lingkungan yang nyaman bagi warga kampung," ujarnya.

Sementara itu, Ketua RW Rungkut Jaya Illyas mengatakan Balai RW selama ini menjadi pusat kegiatan pendidikan anak usia dini, karang taruna, taman baca, posyandu, kegiatan warga lanjut usia seperti senam dan kesehatan, aktivitas pelayanan warga dan pertemuan tokoh-tokoh dan pengurus kampung.

Menurutnya, Balai RW di Rungkut Jaya memiliki area yang cukup luas, sehingga ada lapangan untuk olahraga, dan kegiatan out door, seperti senam lansia.

Baca Juga: Aksara Jawa Hadir di Taman Apsari Surabaya

Dengan jadwal kegiatan yang padat, warga mengusulkan agar diupayakan penambahan ruangan di balai pertemuan itu.

Pada pertemuan itu, Adi juga bertemu dengan sejumlah pemuda tergabung dalam Karang Taruna dan menanyakan upaya-upaya peningkatan wisata di kawasan mangrove.

"Saya berharap pemuda-pemuda di Rungkut Jaya bisa berperan aktif dalam pengembangan wisata mangrove," kata Adi. (Par03)

Sumber : Web DPD PDI Perjuangan Jatim

Editor : Redaksi