VSD Medical Services, Wujud Bakti Alumni SMAK St Louis 1 Surabaya Kepada Guru

avatar Parlementaria.ID

Parlementaria Surabaya - Sebagai wujud bakti dan kecintaan terhadap para guru serta tenaga pendidik SMAK St Louis 1 Surabaya, Perkumpulan Alumni Saint Louis Satu (Palsinlui) menghelat kegiatan medical services bertajuk Vincentian Service Day (VSD) di gedung SMAK St Louis 1, Minggu (24/9) pagi.

Kegiatan VSD yang mengusung tema Sumbangsih Alumnus untuk Almamater Tercinta ini berkolaborasi dengan Komunitas Dokter dan Dokter Gigi Alumni SMAK St Louis 1.

Baca Juga: Misbakhun Minta Menkeu Jelaskan Secara Komprehensif Sisa Anggaran 1.200 T

Ketua Palsinlui Santoso Utomo mengatakan, sasaran utama kegiatan ini ialah 200 orang yang terdiri dari guru aktif dan non-aktif, staf, dan karyawan SMAK St Louis 1 Surabaya maupun yayasan.

"Kegiatan ini menjadi wujud bakti kami kepada para guru maupun mantan guru serta tenaga pendidik di SMAK St Louis 1 yang telah memberikan bimbingan dan ilmunya kepada kami," ucap Santoso Utomo.

Ada beragam layanan kesehatan yang diberikan secara gratis oleh para alumni. Di antaranya cek darah lengkap lab, konsultasi hasil lab, pemeriksaan kesehatan, pemeriksaan gigi, pemeriksaan mata, pemberian obat-obatan, dan pendaftaran BPJS PBI.

Kemudian total ada sekitar 60 dokter spesialis yang dilibatkan untuk menyukseskan acara. Para dokter dengan beragam kemampuan ini merupakan lulusan dari SMAK St Louis 1 Surabaya.

"Kami berharap adanya kegiatan ini dapat membawa manfaat dan keberkahan. Sebab, guru itu kan pahlawan tanpa tanda jasa, sehingga dengan ini kami bisa sedikit memperhatikan mereka yang selama ini mungkin kurang dalam memperhatikan kehidupan pribadinya," tutur Santoso.

Baca Juga: Hafisz Tohir: Kenaikan BBM Sengsarakan Rakyat

Sedangkan ketua pelaksana acara VSD, Doddy Ariwibowo, menyampaikan apresiasinya kepada seluruh pihak yang terlibat. Pihaknya memastikan kegiatan ini akan diselenggarakan rutin setiap tahun.

"Kegiatan VSD ini sebenarnya sudah berjalan lama, namun kali ini kami menyelenggarakan secara massal. Ke depan, kegiatan ini akan digelar rutin setiap tahun. Nantinya kami juga akan menyasar masyarakat umum," terang Doddy.

Di lokasi, tampak tamu undangan VIP turut hadir mendukung jalannya acara. Di antaranya Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak Jawa Timur I Prof Dr John Hutagaol MAc Mec (Hons) AK CA yang juga alumni SMAK St Louis 1 Surabaya angkatan tahun 1984.

Baca Juga: Pemerintah Harus Bangun Kepercayaan Diri ke Masyarakat terkait Kemampuan Bayar Utang

Selain itu, acara ini juga dihadiri oleh anggota Komisi XI DPR RI Indah Kurnia. Dalam sambutannya, Indah mengatakan siap berkolaborasi dan bersinergi bersama Palsinlui untuk menggelar kegiatan yang berdampak terhadap kesehatan, perekonomian, dan mencerdaskan bangsa.

Di tempat yang sama, Liana Kurniawan selaku pengurus Ambassador 98 dan juga salah satu Founder Palsinlui berharap, kegiatan ini dapat membawa manfaat dan menumbuhkan kepedulian. Terutama para siswa aktif SMAK St Louis 1 Surabaya agar semakin menghargai jasa para guru.

"Semoga kegiatan ini dapat berjalan secara berkelanjutan dan menjadi contoh bagi para generasi muda Saint Louis 1 bahwa guru merupakan sosok penting yang membuat kita menjadi seperti sekarang ini. Karena itu, sebisa mungkin alumni hadir untuk turut membantu mensejahterakan guru," pungkas Liana. (P1/bn)

Editor : Parlementaria