Menko PMK RI Berwisata Sejarah ke Museum Trowulan Mojokerto

avatar Parlementaria.ID

Parlementaria Mojokerto - Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) RI, Muhadjir Effendy, berkeliling ke wisata sejarah Museum Trowulan di Kabupaten Mojokerto, Selasa (20/6/2023). Hal ini Ia lakukan usai menghadiri perayaan HUT ke-105 Kota Mojokerto.

Bupati Mojokerto, Ikfina Fahmawati dan Wali Kota Mojokerto, Ika Puspitasari hadir mendampingi. Menko Muhadjir mengapresiasi kekayaan aset sejarah yang masih terjaga dan dilestarikan. Terlihat Menko Muhadjir beserta rombongan berkeliling menikmati koleksi benda purbakala berupa artefak dan penemuan arkeologi yang ada di dalam Museum Majapahit Trowulan.

Baca Juga: Pemkot Mojokerto Perkuat Sektor Kuliner, Gelar Festival Tahu Thek Semarakkan Hari Jadi Ke-105

Seperti dipublikasikan Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Mojokerto, mereka pun dipandu petugas museum menuju ke ruang koleksi batu dan tanah liat. Di dalam ruang koleksi tersebut disampaikan tentang sejarah kerajaan Majapahit dan pengembangan kawasan cagar budaya Trowulan.

Baca Juga: Pemkab Mojokerto Gelar Bimtek Implementasi Perizinan

Di dalam museum, Menko Muhadjir juga dipandu berkeliling melihat koleksi peninggalan Majapahit yang beragam dengan sejarah kebesarannya. Kunjungan Museum Majapahit ini berlangsung sekitar satu jam. Kemudian, jamuan diakhiri dengan wisata kuliner khas Mojokerto yang dimiliki oleh Trowulan yakni sambal wader, yang berada di dekat kolam Segaran, Desa Trowulan.(p)

Editor : Parlementaria