Peluncuran SATRIA-1, Kominfo : Lahirkan Jagoan Digital dari Aceh sampai Papua

avatar Parlementaria.ID

Parlementaria Jakarta - Peluncuran Satelit Republik Indonesia (SATRIA)-1 dari Florida, Amerika Serikat, telah berhasil dengan baik. Peluncuran satelit multifungsi terbesar se-Asia itu berlangsung sekitar pukul 05.21 WIB.

Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan SDM Kementerian Komunikasi dan Informatika Hary Budiarto menyatakan, peluncuran Satelit SATRIA-1 akan menjadi tonggak sejarah Indonesia dalam percepatan transformasi digital.

"SATRIA-1 bisa melahirkan jagoan-jagoan digital dari Aceh sampai Papua. Puji syukur kita panjatkan atas limpahan rahmat Tuhan Yang Maha Esa atas izin-Nya dan kehendak-Nya, SATRIA-1 pada hari ini meluncur dari Florida Amerika Serikat," ungkapnya saat Nonton Bareng Siaran Langsung Peluncuran SATRIA-1 dari Skyworld TMII Jakarta Timur, Senin (19/06/2023).

Kabalitbang SDM Kementerian Kominfo menyatakan peluncuran SATRIA-1 mengingatkan bangsa Indonesia yang pernah meluncurkan Satelit Palapa. Kepada pelajar yang juga hadir dalam kegiatan nonton bareng, Hary Budiarto menceritakan tujuan peluncuran satelit.

"Dulu kita pernah meluncurkan Satelit Palapa waktu itu saya juga masih SD seperti adik-adik yang ada di sini melihat peluncuran Satelit. Kalau Satelit Palapa diluncurkan dengan tujuan bisa mempersatukan bangsa Indonesia dari Aceh sampai Papua," jelasnya.

Kabalitbang SDM Kementerian Kominfo Hary Budiarto mengapresiasi seluruh pihak yang menyukseskan peluncuran satelit SATRIA-1.

"Saya mengucapkan terima kasih mewakili Kementerian Kominfo kepada seluruh pihak yang telah berjuang keras bahu-membahu memastikan tersedianya akses internet di lokasi layanan publik melalui kehadiran SATRIA-1 ini. Secara khusus kami mengucapkan terima kasih kepada Plt Menteri Komunikasi dan Informatika Bapak Profesor Mahfud MD, atas dukungannya pada kelanjutan pembangunan infrastruktur digital," ungkapnya.

Kementerian Kominfo juga mengapresiasi peran institusi pemerintah lain yaitu Kementerian Keuangan, Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional yang telah memproses dan menyetujui proyek KPBU SATRIA-1.

"Kami juga ucapkan terima kasih kepada PT PSN selaku badan usaha pelaksana proyek KPBU SATRIA-1 dan para mitranya yaitu Thales Alenia Space dan SpaceX," ujarnya.

Acara nonton bareng dihadiri puluhan pelajar dari sejumlah sekolah di Jakarta. Hadir pula Komisaris PT Satelit Nusantara Tiga Erry Riyana Hardjapamekas dan perwakilan BAKTI Kementerian Kominfo.

Selain di Jakarta, kegiatan nonton bareng juga berlangsung di 10 lokasi stasiun bumi SATRIA-1 antara lain di Manokwari, Timika, Jayapura, Ambon, Manado, Kupang, Tarakan, Banjarmasin, Pontianak, dan Batam.(P1)

Editor : Parlementaria