Anas Karno : Digitalisasi Ekonomi Pacu UMKM Surabaya Perluas Pasar

avatar Parlementaria.ID

Parlementaria Surabaya - Anas Karno, Wakil Ketua Komisi B Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Surabaya optimis jika para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Surabaya bisa melakukan akselerasi untuk bisa dengan cepat naik kelas.

"Saya optimis para UMKM Surabaya bisa tumbuh dan berkembang serta bisa segera naik kelas," tegasnya.

Baca Juga: Wali Kota Eri Masuk Nominasi Penerima Tanda Kehormatan Satyalancana Karya Bhakti Praja Nugraha

Menurut Anas, optimisme tersebut didasari setelah kota Surabaya melakukan banyak inovasi dan kolaborasi dalam mengembangkan UMKM lokal. Salah satunya menerapkan teknologi digital disektor ekonomi.

"Dengan penerapan teknologi dan berbagai kolaborasi serta inovasi inilah yang bisa dimanfaatkan oleh UMK sehingga maka para pelaku UMKM ini bisa mendongkrak transaksi mereka," jelasnya.

Legislator Fraksi PDI Perjuangan Surabaya ini menambahkan, dengan penerapan teknologi disektor ekonomi ini, para pegiat UMKM lokal dapat semakin berkembang dan dapat memperluas pasar, serta mampu menjangkau ke berbagai daerah di Indonesia maupun mancanegara.

"Jika demikian maka, untuk bisa menjadi raja dan tuan rumah di negeri sendiri tidaklah sulit," harapnya.

Baca Juga: Anas Karno: Wujudkan keluarga harmonis melalui pemberdayaan ibu-ibu pengajian

Oleh karena itu lanjut Anas optimisme tersebut harus bisa memacu para UMKM untuk juga bergotong royong dalam memajukan UMKM.

"Harus ada passion sehingga dalam melakoni usaha ada rasa kebahagian. Dimana keceriaan yang dipadukan dengan kelapangan hati serta syukur dalam jiwa akan melahirkan kebahagiaan. Ini ini yang dibutuhkan UMKM untuk bisa terus eksis," pesan tokoh penggerak UMKM tersebut.

Di sisi lain, Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi bersama Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Surabaya Rini Indriyani berkolaborasi dengan marketplace (pasar daring) Tokopedia, dengan melakukan live shopping. Keduanya saling unjuk kebolehan menawarkan produk UMKM yang ada di Surabaya Kriya Galeri (SKG) Siola secara online, Minggu, (11/6).

Baca Juga: Kemiskinan Surabaya Turun Jadi 4,65 Persen, Cak Ji : Berkat Gotong - Royong Semua Pihak

"Kami berterima kasih kepada Tokopedia karena terus bersinergi dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya. Hari ini kita menyampaikan kepada seluruh warga, bukan hanya di Surabaya, tapi seluruh Indonesia bahwa Surabaya memiliki Surabaya Kriya Galeri (SKG). Disinilah tempat UMKM Kota Surabaya, mulai dari makanan khas seperti makanan ringan, kemudian ada pakaian, hingga tas yang merupakan produk UMKM Surabaya, bahkan yang saya kenakan pun adalah produk UMKM Kota Surabaya, kata Wali Kota Eri Cahyadi seusai live shopping.

Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Surabaya Rini Indriyani menyampaikan bahwa kegiatan live shopping bersama Tokopedia merupakan salah satu upaya memasarkan produk UMKM. Yaitu, mengenalkan produk UMKM Kota Surabaya, bukan hanya di Kota Surabaya tetapi juga di luar Kota Surabaya.

Karena kita tahu bahwa Tokopedia memiliki jangkauan yang luas dan semakin memperluas pemasaran UMKM Surabaya. Salah satunya dengan live shopping secara online, mereka (viewer) bisa mengetahui produk UMKM di Surabaya. Jadi, bisa membeli produk UMKM melalui Tokopedia. Produk UMKM di SKG Siola maupun SKG Merr pun bisa diakses melalui Tokopedia, kata Ning Rini Indriyani, sapaan lekatnya yang juga menjabat sebagai Ketua Tim Penggerak (TP) Kota Surabaya. (P/n)

Editor : Parlementaria