Apresiasi Putri Ariani Sukses di America's Got Talent, Puan: Bukti Difabel Bisa Berprestasi

avatar Parlementaria.ID

Parlementaria Jakarta - Ketua DPR RI Dr. (H.C.) Puan Maharani kembali mengingatkan pentingnya dukungan untuk kalangan disabilitas. Ia menekankan, Pemerintah harus menjembatani masyarakat difabel yang hendak menyalurkan bakatnya.

"Saya meyakini, bahwa disabilitas itu tak mengurangi siapapun dalam menuai suatu prestasi. Mereka tidak boleh dianggap sebelah mata hanya karena memiliki keterbatasan, justru hal itu yang menjadi kekuatan mereka," kata Puan dalam keterangan persnya kepada Parlementaria, di Jakarta, Kamis (7/6/2023).

Baca Juga: Komisi II DPR RI Pastikan Persiapan Pemilu Tanah Karo On The Track

Sebagai contoh pencapaian kelompok disabilitas dalam menuai prestasi adalah kesuksesan Putri Ariani yang merupakan penyanyi difabel asal Indonesia. Ia mendapat kesempatan emas untuk tampil di America's Got Talent 2023.

Di ajang internasional bergengsi tersebut, Putri Ariani mampu memukau para juri dengan suara merdunya sekalipun ia merupakan penyandang tunanetra. Penampilan Putri yang menyanyi sambil memainkan piano memang sangat mempesona hingga membuat para juri dan penonton yang menyaksikannya memberi standing ovation.

Bahkan salah satu juri, Simon Cowell mengaku sangat menyukai suara merdu Putri yang menyanyikan lagu ciptaannya sendiri. Menurut Simon, Putri yang masih berusia 17 tahun memiliki bakat dalam menulis lagu serta mempunyai ciri khas dalam bernyanyi.

Baca Juga: Hilirisasi Produk Mangrove Jadi Alternatif Dongkrak Ekonomi dan Gizi Masyarakat

"Keberhasilan Putri adalah salah satu bukti nyata. Bahwa jika kita konsisten berjuang, pasti akan membuahkan prestasi. Terlepas dari keterbatasan yang ia miliki, saya sangat mengapresiasi pencapaian Putri, jelas Puan.

Kesuksesan Putri sekaligus menjadi bukti bahwa difabel dapat berprestasi dan mengharumkan nama bangsa. Dan selain Putri, banyak juga difabel yang telah menunjukkan prestasinya untuk negeri seperti pada kompetisi-kompetisi olahraga, lanjut Ketua Dewan Pengarah Asian Para Games 2018 itu.

Seperti diketahui, Putri berhasil meraih Golden Buzzer Americas Got Talent 2023 yang merupakan tiket menuju live semifinal ajang pencarian bakat di Amerika Serikat tersebut. Penyanyi dan pencipta lagu berjudul Loneliness tersebut juga pernah menjuarai Indonesias Got Talent dengan menjadi pemenang pertama di musim kedua yakni tahun 2014.

Baca Juga: DPR RI Sampaikan Keberatan Tak Ada Isu Perdamaian Palestina di Sidang ke-9 P20 India

Puan pun mengajak seluruh anak muda yang memiliki keterbatasan seperti Putri untuk tidak berkecil hati. Ia meminta anak-anak muda difabel menjadikan pencapaian Putri sebagai pendobrak semangat dalam mencapai cita-cita.

"Penampilan Putri bisa menginspirasi dan menjadi motivasi para generasi muda. Dengan keterbatasan yang ia miliki, tidak memundurkan niatnya dalam meraih cita-cita. Saya mengajak seluruh masyarakat Indonesia memberi dukungan untuk Putri Ariani, ungkap Puan.(P)

Editor : Parlementaria