Timsel Sosialisasi Pendaftaran Bawaslu Kab/Kota, Bambang Sigit Widodo Berharap Hasilkan Calon Berintegritas Tinggi Sebagai Penyelenggara Pemilu

avatar Parlementaria.ID

Parlementaria Surabaya - Tim Seleksi calon Anggota Bawaslu Kabupaten/Kota zona I Provinsi Jawa Timur, sosialisasikan pendaftaran di Kantor Bawaslu Kota Surabaya, Kamis, 25 Mei 2023, siang tadi. Rencananya, sosialisasi pada rentang waktu tanggal 25 hingga 27 Mei 2023.

Ketua Timsel Calon Anggota Bawaslu Kabupaten/Kota zona I Jatim, Bambang Sigit Widodo, mengatakan, untuk hari ini hanya ada di Kota Surabaya, yang meliputi Surabaya dan Bangkalan. Kemudian tanggal 26 di Sumenep. Dan tanggal 27 di Pamekasan.

Baca Juga: Gaspoll Bro: Relawan Gemoy Siap Laporkan Ketua Bawaslu Surabaya ke DKPP

"Kita akan menyampaikan terkait dengan mekanisme dan tata cara pendaftaran calon anggota Bawaslu. Mulai dari persyaratan administratif termasuk ketentuan-ketentuan di dalamnya pada tahapan dan mekanisme seleksi. Tahapan mulai pemberkasan yang akan dilakukan mulai tanggal 29 hingga tanggal 7 Juni. Kemudian tes tulis dan psikotest, kemudian tes kesehatan dan wawancara," terang Mas Bram, sapaan akrab Ketua Timsel.

Selain itu, lanjut Mas Bram, tentang keterwakilan perempuan 30% dan juga jumlah kuota minimal pendaftar calon anggota Bawaslu Kabupaten/Kota. "Yang harus kami sampaikan kepada para audiens adalah minimal 8 kali dari jumlah anggota Bawaslu ini adalah 40. Maka perpanjangan selama 3 hari, memberikan kesempatan kepada para pendaftar," imbuhnya.

Dalam kesempatan yang sama, pantauan diagramkota.com, beberapa peserta sosialisasi mempertanyakan tentang esai terkait artikel maupun karya ilmiah pendaftar calon anggota Bawaslu.

"Sebenarnya sudah ada panduannya ya. Kalau memang nanti perlu lebih jelas lagi kami akan sampaikan terkait dengan kerangka atau sistematika penulisan isinya. Biar ada keseragaman dalam konteks Gagasan. Nah kemudian penilaian, karena kami ingin kerja yang profesional, maka kami menerapkan konsep menilai tanpa melihat nama-nama," beber Mas Bram.

Baca Juga: 'Bawaslu on Car Free Day', Bawaslu Surabaya Ajak Masyarakat Awasi Pemilu 2024

"Kekuatannya ada pada Conflict of Interest yang pertama. Yang kedua kami akan melakukan penilaian satu calon ditandai oleh 2 orang. Kemudian yang ketiga kami akan membuat rubrik untuk menilai karya ilmiah. Nanti kalau tidak pakai rubrik, kita saja ada yang menilainya 10 ada yang 100 kan nggak imbang," bebernya.

Sehingga, dengan tiga hal itu Timsel menjamin tentang aktivitas pengujian yang terakhir. Kemudian, pihaknya berharap dalam penjaringan, banyak pendaftar calon anggota Bawaslu Kabupaten/Kota di Jatim.

"Harapan yang pertama adalah tingkat partisipasi masyarakat untuk berpartisipasi Sebagai penyelenggara Pemilu tinggi. Artinya kesadaran masyarakat untuk bisa berperan di dalam atau masuk ke dalam anggota Bawaslu itu tinggi. Yang diharapkan juga mampu menghasilkan calon-calon yang memang memiliki nilai-nilai integritas yang tinggi sebagai penyelenggara Pemilu," harap Mas Bram.

Baca Juga: Bawaslu Harap Masalah Tungsura Selesai Di Tingkat TPS

Yang terakhir, Timsel menginginkan kepada seluruh masyarakat, khususnya Kota Surabaya dan Kabupaten Bangkalan berbondong berbondong mendaftar calon anggota Bawaslu Kabupaten/Kota.

"Hal itu yang kami inginkan, lihat jadwal pendaftaran calon anggota Bawaslu kota dan kabupaten di website. Silakan dilihat timeline dan waktunya. Lengkapi berkas lainnya. Kemudian siapkan juga hal-hal yang terkait dengan kemampuan dan pengetahuan terkait dengan kepemiluan. Kemudian gagasan cerdasnya untuk menghasilkan suatu pemikiran yang konstruktif itu mungkin penting bagi yang ingin ikut berpatisipasi," pungkasnya. (P1)

Editor : Parlementaria