Harkitnas, Usai Upacara Wali Kota Eri Cahyadi Ziarah Ke Makam Dr Soetomo

avatar Parlementaria.ID

Parlementaria Surabaya - Usai menggelar upacara Peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) 2023 di Taman Surya, Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi bersama jajaran Kepala Perangkat Daerah (PD) di Pemerintah Kota (Pemkot) bergegas menuju ke makam pahlawan nasional, Dr. Soetomo untuk berziarah, Senin (22/5/2023). Di makam tokoh pendiri organisasi Budi Utomo tersebut, Wali Kota Eri Cahyadi hadir mendampingi Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa untuk berziarah.

Suasana hikmat menyelimuti, saat upacara penghormatan di makam Dr. Soetomo dimulai. Gubernur Jatim Khofifah dan Wali Kota Eri Cahyadi tampak menundukkan kepala sejenak seraya mendoakan dan mengenang jasa para pahlawan. Kemudian dilanjutkan dengan tabur bunga bersama di makam D. Soetomo.

Baca Juga: FIFA Puji GBT, Wali Kota Eri: Kami Siap Even Internasional Selanjutnya

Di peringatan Harkitnas kali ini, Gubernur Khofifah menyampaikan kepada seluruh masyarakat Jatim khususnya di Surabaya, untuk senantiasa menerapkan laku baik dan budi pekerti. Tanpa adanya laku baik dan budi pekerti, maka ruh dan pondasi hidup manusia akan mudah goyah.

Apa yang menguatkan ruh dari laku baik itu sederhananya ialah akhlakul karimah. Hal itu, sejalan dengan apa yang diinisiasi oleh dr. Wahidin Soedirohoesodo dan Dr. Soetomo dalam mendirikan Budi Utomo. Bagi yang masih suka hate speech (mengujar kebencian) dan hoaks, ayo bangkit, hilangkan itu, kata Gubernur Khofifah.

Gubernur Jatim Khofifah berharap, ketika masyarakat menerapkan laku baik dan budi pekerti, maka Jatim, khususnya Kota Surabaya juga akan ikut bangkit. Jadi, Jatim Bangkit bukan hanya sekadar tagline, namun itu harus didorong di segala sektor untuk terus bangkit, ujarnya.

Baca Juga: Panwascam Tegalsari Bagi-bagi Bunga 'Pemilu Damai'

Ternyata, semangat Gubernur Jatim Khofifah juga sejalan dengan apa yang dikatakan oleh Wali Kota Eri Cahyadi saat upacara di Taman Surya. Pada kesempatan itu, Wali Kota Eri mengatakan bahwa Harkitnas ini adalah momentum kebangkitan Indonesia, khususnya Kota Surabaya untuk menyiapkan Indonesia dan Surabaya ini menuju Indonesia emas.

Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi menyampaikan, semangat menuju Indonesia Emas sebelumnya juga sempat digaungkan oleh Plt Menteri Komunikasi dan Informatika dalam sambutannya di Harkitnas ini. Maka dari itu, Wali Kota Eri mengajak seluruh elemen masyarakat, khususnya di Surabaya untuk bangkit dan tidak mengenal kata menyerah seperti semangat pendiri Budi Utomo.

Baca Juga: Wali Kota Eri Cahyadi Beri Santunan Santunan Korban Kecelakaan Maut Di Lumajang

"Jadi, tidak boleh ada kalimat menyerah, tidak boleh ada kata putus asa. Tapi kita harus terus bangkit dari masa apapun itu, terutama setelah pandemi Covid-19. Dan kita harus siap untuk menyongsong bangsa ini untuk menjadi Indonesia emas," pungkas Wali Kota Eri Cahyadi.

Dalam ziarah kali ini tak hanya dihadiri oleh Gubernur Jatim Khofifah dan Wali Kota Eri Cahyadi saja, akan tetapi juga dihadiri oleh jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Jatim dan Kota Surabaya serta Kepala PD di lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jatim dan Pemkot Surabaya. (P)

Editor : Parlementaria