Diikuti Ratusan Peserta,Percasi Surabaya Gelar Kejuaraan Bertema Langkah Baru Dobrak Jalan Buntu

avatar Parlementaria.ID

Surabaya - Upaya dalam memaksimalkan atlet catur, Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi) Kota Surabaya menggelar lomba catur dengan tema Langkah Baru Dobrak Jalan Buntu Piala Percasi III 2023, dengan berbagai kategori yang dipertandingkan.

Mulai dari kategori Pelajar SD kelas 1-3 pa/pi, kelas 4-6 pa/pi, Pelajar SMP pa/pi, Pelajar SMA pa/pi sampai kategori senior dan bahkan di dalam pertandingan tersebut juga dipilih kategori pa/pi daerah terbaik khusus yang ber KTP Surabaya di gedung Serba Guna lantai 5 PDAM Surya Sembada Surabaya, Minggu (26/02/2023).

Ketua Percasi Kota Surabaya Budi Leksono yang akrab disapa cak Buleks mengatakan kegiatan ini diadakan secara dadakan dan swadaya dan tanpa adanya planning.

Tujuan kegiatan ini untuk memberikan skala prioritas bagi para bibit pemula catur dan berharap ingin mengembalikan jati diri Kota Surabaya sebagai gudang dan barometer atlit catur di Indonesia.

Animo peserta memang membludak, namun sengaja kita batasi jumlah pesertanya karena keterbatasan tempat yang hanya mampu menampung 220 peserta, jelas pria yang juga duduk di kursi DPRD Kota Surabaya dari fraksi PDIP.

Buleks juga berharap pada Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya untuk memberikan perhatian bagi para atlet catur sehingga para atlit Surabaya tidak dapat diiming-iming oleh daerah lain sehingga tetap mampu memperkuat dan mempertahankan Kota Surabaya sebagai Kota Barometer para atlit khususnya olahraga Catur.

Melihat animo sekarang, kita yakin kedepan Surabaya bisa jauh lebih baik, tegasnya.

Sementara itu, Kepala Disbudporapar Wiwik mengatakan ini merupakan momentum bagi Percasi Kota Surabaya untuk menunjukkan giginya. Dengan target kejuaran porprov 5 medali emas, ini merupakan mesin bagi Percasi Kota Surabaya untuk lebih merapatkan barisan untuk lebih mengoptimalkan para atletnya guna memenuhi target tersebut.

Target Surabaya dalam porprov tahun 2023 itu 150 emas dari 53 cabang olahraga yang dipertandingkan, 5 emas dari olah raga catur. Untuk memaksimalkan atlit untuk menuju ke porprov dan memaksimalkan atlit catur silahkan gunakan Viaduk Gubeng dan Sentra-sentra milik pemerintah kota untuk digunakan sebagai tempat latihan, pungkasnya. (P-01)

Editor : Redaksi