Josiah Michael : RT/RW Perlu Infografis Layanan Yang Diberikan

avatar Parlementaria.ID

Surabaya - Anggota Komisi A DPRD Surabaya, Josiah Michael mendorong supaya pelayanan kepada masyarakat oleh RT/RW, kelurahan sampai kecamatan terstandarisasi.

Apalagi merekalah yang akan menjadi garda terdepan dalam penyelesaian masalah warga. Sesuai dengan instruksi wali kota, segala layanan harus bisa selesai di tingkat kelurahan. jelas legislator Fraksi PSI tersebut pada Selasa (21/2/2023).

Lebih lanjut Josiah mengatakan, salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan infografis.

Seperti kita ketahui, saat ini pengurus RT/RW banyak yang baru, begitu juga lurah dan camat, saya harap Bagian Pemerintahan dapat menerbitkan infografis tersebut. Sederhana saja dan yang mudah dipahami, supaya terstandarisasi imbuhnya.

Menurut Josiah tidak semua RT/RW, kelurahan dan kecamatan memiliki pemahaman yang sama, terhadap Peraturan Wali Kota. Yang mengatur petunjuk teknis (juknis) terkait hal tersebut.

Saat ini juknis bagi RT/RW, kelurahan hingga kecamatan adalah Perwali. Tentu ini kurang karena tidak semua memiliki pemahaman yang sama atas Perwali tersebut. Atau bisa dibilang tidak semua bisa memahami bahasa hukum Perwali, terangnya.

Dengan adanya infografis tersebut, diharapkan tidak ada lagi warga yang dibuat bingung.

Jangan sampai warga diping-pong, harus bolak balik. Sekarang kan banyak kasus seperti itu. Nah diharapkan dengan adanya infografis, hal itu tidak terjadi lagi, gampang kok bikinnya itu, pungkasnya.(P-01)

Editor : Redaksi