Dewan Dyah Katarina: Warga Belum Banyak Tahu PHBS

avatar Parlementaria.ID

Parlementaria, Surabaya - Reses Jaring Aspirasi Anggota DPRD Surabaya, Dyah Katarina mengupas tuntas tentang Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di masyarakat.

"Sekarang kampung sudah terlihat bersih dengan adanya paving dan saluran air yang baru, tinggal bagaimana kita meningkatkan PHBS," kata Dyah kepada ratusan warga yang hadir, Sabtu 29 Januari 2023.

Baca Juga: Tetapkan APBD 2024 Rp 10,9 Triliun, DPRD Surabaya Kawal Ketat Alokasi Pendidikan dan Kesehatan

"Siapa yang tahu 10 indikator PHBS," tanyanya, tanpa jawaban warga yang hadir.

Penerapan PHBS di rumah tangga akan menciptakan keluarga sehat, sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan dan produktivitas keluarga.

Indikatornya yang pertama adalah, jika ada ibu bersalin, persalinan ditolong oleh tenaga kesehatan dokter atau bidan.

"Jika dalam Rumah Tangga ada balita, maka wajib diberikan ASI eksklusif," terang Dyah yang berpengalaman 13 tahun memegang TP-PKK kota Surabya.

Baca Juga: Aksara Jawa Hadir di Taman Apsari Surabaya

Menimbang bayi dan balita setiap bulan, menggunakan air bersih, Mencuci tangan menggunakan sabun dan air bersih yang mengalir, dan mempunyai jamban yang sehat juga merupakan indikator atau Kriteria Rumah Tangga yang sehat.

"Kemudian juga turut dalam pemberantas jentik di rumah, Makan sayur dan buah setiap hari, dan melakukan aktivitas fisik setiap hari," tuturnya.

" Terlebih, bagi bapak-bapak agar tidak merokok di dalam rumah. Indikatornya adalah tidak ada asbak di dalam rumah," jelas istri mantan Walikota Surabaya Bambang DH ini.

Baca Juga: Titik Terakhir Reses di Sukomanunggal, Dyah Katarina: Terbanyak Keluhan Kader Surabaya Hebat

Reses Legislator perempuan PDI Perjuangan tersebut diakhiri dengan tasyukuran tumpengan peresmian paving dan saluran yang telah selesai pembangunannya.

"Terima kasih bu Dyah Katarina yang telah mengawal aspirasi warga RT4 RW1, sehingga dapat terwujud pembangunan paving dan saluran air yang saat ini telah selesai," ucap Asep Prasetyo ketua RT4 RW1 kelurahan putat gede kec. Sukomanunggal.

"Semoga kedepannya semakin amanah menjadi wakil rakyat," tandasnya. (par03)

Editor : Parlementaria