DPRD Jatim Dukung Rencana Kerjasama Porang dan Sareng Walet ke RRT

avatar Parlementaria.ID

Parlementaria Surabaya - Anggota DPRD Jawa Timur, Prof. Noer Soetjipto mengatakan bahwa pihaknya menyambut baik dan mendukung rencana realisasi kerjasama perdagangan Porang dan sareng walet antara Jawa Timur ke negara Republik Rakyat Tiongkok (RRT).

"Tentunya ini, merupakan momen kebangkitan bagi para petani porang dan sarang walet,"jelas Noer Soetjipto politisi fraksi Gerindra dikonfirmasi, Kamis (5/1/2023).

Baca Juga: Irjen Pol Imam Sugianto Jadi Kapolda Jatim, DPRD Harap Sinergitas Keamanan Jelang Pemilu 2024

Pria kelahiran Trenggalek ini, mengatakan khusus untuk komoditi porang saat ini yang merupakan basis komoditi di Madiun Raya dan sekitarnya sedang menurun,sehingga banyak petani yang gulung tikar. Oleh sebab itu, dengan kerjasama tersebut bisa mendongkrak perekonomian petani porang di Madiun Raya."Kami berharap kerjasama ini bisa membangkitkan perekonomian petani porang di Jawa Timur karena selama ini harga porang anjlok,"tandasnya Soetjipto anggota komisi B DPRD Jatim ini.

Seperti diketahui, Tercatat nilai ekspor Jawa Timur ke Tiongkok sebesar US$  2.697,87 juta, sedangkan impornya sebesar US$ 5.869,01 juta, mengalami defisit sebesar US$ 3.171,14 juta. Capaian tersebut membuat RRT berada di urutan ke-3 sebagai negara tujuan ekspor tertinggi dari Jatim dan berada di urutan pertama sebagai negara asal Impor ke Jawa Timur.

Baca Juga: Hikmah Bafaqih Jelaskan Terkait Anggaran Pelaksanaan Porprov Jatim 2023

Lebih lanjut, investasi Tiongkok di Jawa Timur sejak tahun 2010 sampai dengan triwulan III tahun 2022, sebanyak 361 Proyek dengan nilai investasi sebesar US$ 368,67 juta. Dengan beberapa bidang usaha terbesar yaitu perdagangan dan reparasi, industri makanan,  industri logam dasar, barang logam, bukan mesin dan peralatannya.

Seperti diberitakan sebelumnya, Gubernur Jawa Timur,  Khofifah Indar Parawansa menerima kunjungan kerja Konsul Jenderal Republik Rakyat Tiongkok (RRT), Mr Xu Yong di Gedung Negara Grahadi, Selasa (3/1/20223). Dalam kunjungan ke Jatim yaitu RRT  menawarkan komoditas porang dan juga walet.  "Ada harapan kami, petani porang, petani walet, bisa mendapatkan akses pasar yang lebih luas di Tiongkok," ujarnya. (jnr)

Baca Juga: BK DPRD Jatim Susun Tata Tertib Kedisiplinan Anggota Dewan

Editor : Parlementaria