Bawaslu Surabaya Gelar Rakor Sentra Gakkumdu, Selaraskan Pemahaman Regulasi Pemilu

avatar Parlementaria.ID

Parlementaria Surabaya - Bawaslu Surabaya gelar rapat koordinasi sentra Gakkumdu, penyelarasan pemahaman regulasi pidana pemilu pada pemilihan umum serentak tahun 2024. Di Hotel Vasa Surabaya, Rabu, 21 Desember 2022.

Kordiv Penanganan Pelanggaran Bawaslu Surabaya, Novli Bernado Thyssen, mengatakan kegiatan ini untuk menyelaraskan pemahaman regulasi pidana pemilu di sentra Gakkumdu.

Baca Juga: 'Bawaslu on Car Free Day', Bawaslu Surabaya Ajak Masyarakat Awasi Pemilu 2024

"Output kegiatan diharapkan terjadi kesepahaman yang sama dalam menginterpretasikan pasal pasal dan unsur pasal pidana pemilu," imbuhnya.

Tak hanya itu, lanjut Novli, nantinya akan terumuskanya acuan pedoman. Dan tidak ada beda interpretasi melihat peraturan perundang - undangan.

Baca Juga: Bawaslu Harap Masalah Tungsura Selesai Di Tingkat TPS

"Sehingga ketika ada laporan ataupun temuan yang masuk di sentra Gakkumdu tidak lagi terjadi perbedaan pandangan dan perdebatan pasal karena sudah ada acuan pedomannya. Nah ini yang sedang kita rumuskan dalam kegiatan ini," terangnya.

Selain itu, dalam gelaran rakor Sentra Gakkumdu tersebut, turut mengundang tokoh yang ahli dalam kepemiluan.

Baca Juga: Bawaslu Surabaya Gelar Rakor Pengawasan, Pastikan Hak Pemilih Terdaftar Di DPT

"Kegiatan ini juga mengundang pakar hukum dan pakar pemilu untuk meminta saran pendapatnya dalam merumuskan pemahaman terkait pasal pidan pemilu," tandasnya.

Sekedar diketahui, dalam kesempatan itu turut hadir Dosen hukum Unair M Syaiful Arif. Dan, Hakim Khusus Pidana Pemilu PN Surabaya, Sutarno. Keduanya, merupakan pemateri dalam Rakor tersebut. (p1)

Editor : Parlementaria