KPU Jatim Pastikan Tes CAT Calon PPK Berjalan Lancar

avatar Parlementaria.ID

Parlementaria Surabaya - KPU Jatim Divisi SDM dan Litbang, Rochani, mengungkapkan, pelaksanaan tes tertulis dengan metode Computer Assisted Test (CAT) Calon Anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) untuk Pemilu 2024 di Jawa Timur berjalan lancar. Bahkan peserta terdampak erupsi Gunung Semeru Lumajang juga tetap bisa mengikuti sesuai jadwal.

Awalnya ia menyampaikan bahwa seleksi tertulis calon anggota PPK dengan berbasis CAT di 38 KPU Kabupaten/Kota sudah terlaksana secara serentak. Yakni, mulai tanggal 6 sampai dengan 7 Desember 2022, dengan memperhatikan jumlah perangkat yang tersedia.

Baca Juga: Masyarakat Peduli Pemilu Jujur dan Adil: Hak Angket Momok bagi Sengkuni

Penyediaan perangkat tes tertulis berbasis CAT ini dibantu oleh pihak ketiga, yang mana mereka bertugas melakukan instalasi perangkat yang akan di gunakan. Pihak Ketiga sebagai mitra kerja KPU Kabupaten/Kota di Jawa Timur dalam pelaksanaan CAT. Antara lain seperti lembaga SMA/SMK, Perguruan Tinggi, Badan Kepegawaian Daerah (BKD) dan Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) yang berada di masing-masing Kabupaten/Kota, ungkap Rochani dalam keterangan tertulisnya pada Kamis, (8/12/2022)

Dalam pelaksanaan CAT ini, menurut Rochani, KPU Kabupaten/Kota di Jawa Timur juga menyiapkan computer admin dan server. Guna mengakses soal (online), computer/laptop untuk peserta (offline), serta tempat pelaksanaan kegiatan.

Berdasarkan pantauan, tiga belas (13) tim KPU Jatim yang turun untuk melakukan monitoring dan evaluasi pelaksanaan Seleksi Tertulis Calon Anggota PPK Berbasis Komputer atau CAT. Secara keseluruhan di Jawa Timur, pelaksanaan CAT dapat berjalan baik dan tuntas pada 7 Desember 2022.

Termasuk peserta yang berasal dari daerah terdampak erupsi gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, dapat mengikuti tes sesuai jadwal, terang Rochani.

KPU Lumajang berkoordinasi dengan Kepolisiaan

Lebih lanjut, ia menuturkan bila KPU Kabupaten Lumajang telah berkoordinasi dengan Kepolisian dan Pemerintah Daerah setempat. Untuk membantu evakuasi kehadiran peserta tes tulis ke tempat pelaksanaan CAT, bagi mereka yang terkendala akses dan mobilitas.

Pernyataan ini senada dengan Ketua KPU Kabupaten Lumajang, Yuyun Baharita. Ia mengatakan, ada peserta tes tertulis calon anggota PPK di dua kecamatan yang terdampak erupsi gunung Semeru. Yakni, dua belas orang dari kecamatan Tempusari dan 28 orang dari kecamatan Pronojiwo.

Peserta dari dua kecamatan ini mengikuti tes tertulis pada Rabu, 7 Desember 2022. Di dua kecamatan itu jalur benar-benar terputus. Sebelas peserta yang hadir dari dua belas peserta yang terdata di kecamatan Tempusari harus melewati jalan ekstrim melewati bukit-bukit dengan jalan setapak dan terjal selama kurang lebih empat jam.

Baca Juga: Samuel Teguh Santoso: KPU Sebarkan Berita Bohong, Ini masuk Pidana!

Sedangkan 24 peserta yang hadir dari 28 peserta yang terdata dari kecamatan Pronojiwo, terbagi dalam beberapa cara. Ada yang memutar lewat Malang untuk sampai ke Lumajang, sehingga mereka berangkat tanggal 6 Desember 2022. Ada pula yang nekat meneraba jalur daerah jembatan Perak (jembatan gantung-red) yang sudah putus, dengan menggunakan motor.

Dengan adanya kondisi tersebut, H-1 pelaksanaan tes tulis, KPU Lumajang berkoordinasi dengan Kapolres agar di bantu berkomunikasi dengan pihak PT Adhi Karya agar bisa menggunakan kases jembatan gantung. Dan alhamdulillah pemberangkatan berjalan normal, ujar Yuyun.

Namun, saat kepulangan peserta dari mengikuti tes tertulis, sempat ada kendala karena selain kondisi cuaca di lereng gunung hujan deras, juga ada pengalihan gorong-gorong yang menyebabkan akses ke jembatan benar-benar terputus.

Berkenaan dengan itu, kami melakukan koordinasi dengan PT Adhi Karya lagi dan di bantu penyebrangan dengan melakukan evakuasi pemulangan dengan menggunakan alat berat berupa begho, kata Ketua KPU Kabupaten Lumajang.

KPU Jatim turunkan 13 tim

Perlu diketahui tiga belas tim monitoring dan evaluasi KPU Jatim terdiri dari jajaran Pimpinan, pejabat struktural dan fungsional, serta staf. Tim 1 dengan daerah tujuan Kediri dan Kota Kediri, di pimpin Ketua KPU Jatim, Choirul Anam sendiri. Kedua daerah tujuan Kota Batu, Malang dan Kota Malang di pimpin oleh Divisi SDM dan Litbang, Rochani. Ketiga dengan daerah tujuan Sidoarjo, di pimpin Divisi Data dan Informasi, Nurul Amalia.

Baca Juga: Awan Duka Selimuti KPPS, Meninggal Akibat Kecelakaan Saat Berangkat Kerja Pascatungsura

Berikutnya tim 4 dengan daerah tujuan Kota Surabaya, di pimpin Kasubbag Hukum, Pradini. Kelima, daerah tujuan Jember, Bondowoso, dan Situbondo dipimpin oleh Divisi Sosdiklih dan Parmas, gogot Cahyo Baskoro. Keenam dengan daerah tujuan Madura Raya, di pimpin oleh Divisi Perencanaan dan Logistik, Miftahur Rozaq. Ketujuh, daerah tujuan Probolinggo dan Kota Probolinggo, di pimpin oleh Divisi Teknis Penyelenggaraan, Insan Qoriawan.

Kemudian, tim 8 daerah tujuan Pasuruan dan Kota Pasuruan di pimpin oleh Divisi Hukum dan Pengawasan, Muhammad Arbayanto. Tim 9 daerah tujuan Magetan, Madiun dan Kota Madiun di pimpin oleh Sekretaris, Nanik Karsini. Tim 10 daerah tujuan Mojokerto, Kota Mojokerto, Jombang di pimpin Kabag Keuangan;Umum dan Logistik, Suharto.

Sementara itu, tim 11 daerah tujuan Ngawi, Bojonegoro dan Nganjuk di pimpin Kabag Tekmas, Popong Anjarseno. Tim 12 daerah tujuan Ponorogo, Trenggalek, dan Tulungagung di pimpin pejabat fungsional, Yulyani Dewi. Serta tim 13 daerah tujuan Lumajang di pimpin Kabag Hukum dan SDM, Rizki Indah Susanti. (p1/jnr)

Editor : Parlementaria