Tingkatan Rasa Nasionalisme, PAC PDIP Jambangan Gelar Sarasehan Wawasan Kebangsaan

avatar Parlementaria.ID

Parlementaria Surabaya - Anggota DPRD Provinsi Jawa Timur, Yordan M. Batara Goa menjadi narasumber gelaran wawasan kebangsaan (Wasbang) yang diselenggarakan oleh Pengurus Anak Cabang (PAC) beserta pengurus Ranting se-kecamatan Jambangan-Surabaya, Minggu 23 Oktober 2022.

Paparan lugas disampaikan anggota Komisi A tersebut, khususnya dalam upaya menumbuhkan rasa kecintaan terhadap tanah air, sadar berbangsa dan bernegara serta setia kepada ideologi Pancasila.

Baca Juga: DPRD Jatim Ajak Generasi Muda Berinovasi Dalam Tata Kelola Pertanian

"Dari sinilah, sedini mungkin masyarakat diharapkan memiliki kemampuan dasar bela negara terutama dimulai dari dalam keluarga kita masing-masing," tutur Yordan Wakil Sekretaris DPD PDI Perjuangan Jatim, di Balai RWO3 kel. Kebonsari Jambangan.

Anggota Dewan dari Fraksi PDI Perjuangan ini menegaskan, semestinya sosialisasi tentang wawasan kebangsaan ini harus di lakukan sejak dini, khususnya diberikan mulai tingkat Sekolah Dasar (SD) hingga Sekolah Lanjutan Tingkat Atas ( SLTA). Karena didalam wawasan kebangsaan tersebut sudah jelas mencantumkan soal Pedoman Penghayatan Pengamalan Pancasila (P4) dalam kehidupan sehari-hari.

Saat ini, kata Yordan, generasi milenial sedang distorsi atau penurunan terhadap rasa cinta tanah air. "Ini sangat memprihatinkan. Karena itu Pentingnya bela negara dalam bingkai NKRI ditanamkan sejak dini, ungkapnya.

Baca Juga: 15 Kecamatan di Surabaya Tak Ada SMA Negeri, Hartoyo Dewan Jatim: Ini PR Pemkot dan Pemprov

"Jika generasi milenial saat ini diuji tentang Pancasila, saya yakin mereka kurang memahami, apalagi tentang butir-butir Pancasila, terlebih juga terkait UUD 45 dan Bhineka tunggal ika yang wajib dipahami oleh seluruh generasi bangsa," kata Dosen Pancasila & Ilmu Politik UWKS.

Dengan digelarnya sosialisasi wawasan kebangsaan secara masif, Yordan berharap semakin menumbuhkan rasa Nasionalisme dan Patriotisme masyarakat Surabaya yang selama ini dikenal sebagai Kota Pahlawan.

Sementara itu, Ketua PAC PDI Perjuangan kecamatan Jambangan Muhammad Sunar memberikan apresiasi kepada anggota DPRD Jatim Yordan M. Batara Goa yang telah memberi wawasan kebangsaan terhadap seluruh jajaran pengurusnya.

"Usai acara ini, seluruh pengurus PDIP Jambangan semakin bertumbuh dalam wawasan kebangsaannya, kemudian semakin semangat dalam menjalankan tugas-tugas kepartaian sekaligus dalam giat-giat sosial di masyarakat," tandasnya. (Par/05)

Editor : Parlementaria