Komisi III Dorong Polri Optimalisasi RKA 2023 Dalam Harkamtibmas Pemilu

avatar Parlementaria.ID

Parlementaria Jakarta - Anggota Komisi III DPR RI Sarifuddin Sudding mendorong Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) kedepannya mengoptimalkan pemanfaatan rencana kerja anggaran tahun 2023 agar betul-betul dimanfaatkan sesuai kebutuhan mendasar di institusi kepolisian seperti pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat (Harkamtibmas).

Terutama, dalam rangka pengamanan Pemilihan Umum (Pemilu) menjelang Pemilihan Presiden (Pilpres) dan Pemilihan Legislatif (Pileg) dalam tahun politik mendatang.S

Baca Juga: Masyarakat Peduli Pemilu Jujur dan Adil: Hak Angket Momok bagi Sengkuni

Sarifuddin Sudding menyampaikan saat Rapat Kerja Komisi III DPR RI dengan Polri, Kejaksaan Agung (Kejagung), Sekretaris Jenderal (Sesjen) Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia (MPR RI), Sekjen Mahkamah Konstitusi (MK) dan Sekjen Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI) membahas penyempurnaan RKA K/L TA 2023 (rincian program) yang digelar di Ruang Rapat Komisi III, Gedung Nusantara II DPR RI, Senayan, Jakarta, Rabu (21/9/2022).

Bahwa memang anggaran kebutuhan kepolisian ini dari usulan tambahan Rp23 triliun lalu kemudian disetujui Rp3,3 triliun saya kira memang masih jauh dari harapan. Tapi, paling tidak dengan adanya tambahan ini betul-betul dimanfaatkan sesuai kebutuhan mendasar institusi kepolisian .Apalagi, tahun depan ini sudah masuk dalam tahun politik yang akan banyak dilakukan kegiatan oleh pihak kepolisian dalam rangka pengamanan baik Pilpres Pileg dan sebagainya. Itu catatan saya buat kepolisian, ujar Sarifuddin Sudding.

Baca Juga: Awan Duka Selimuti KPPS, Meninggal Akibat Kecelakaan Saat Berangkat Kerja Pascatungsura

Selain itu, Legislator Dapil Sulawesi Tengah ini mengusulkan agar Kejaksaan Agung mengoptimalkan penggunaan anggaran salah satunya untuk pembangunan renovasi gedung kejaksaan khususnya Kejaksaan Negeri Toli-Toli.

Mengingat, kondisi gedung yang ditempati kawan-kawan kejaksaan negeri di Toli-Tolo masih memprihatinkan. Sehingga, perlu dimasukkan anggaran untuk pembangunan rehabilitasi dan pembangunan kantor kejaksaan negeri terutama di Toli-Toli, pungkas Sarifuddin Sudding.

Baca Juga: Samuel Teguh Santoso Ajak Seluruh Masyarakat Sukseskan Pemilu 2024

Sementara itu, Asisten Kapolri Bidang Perencanaan Umum dan Anggaran (Asrena) Polri Irjen Wahyu Hadiningrat menyampaikan apresiasi atas masukan dari Anggota Komisi III DPR RI Sarifuddin Sudding.

Kami (Polri) terima kasih sekali atas masukannya. Kami betul-betul akan memanfaatkan semua kepercayaan anggaran yang diberikan kepada Polri dalam rangka Harkamtibmas, pungkasnya. (DPR)

Editor : Parlementaria