Bawaslu RI : Pengalaman Sipol 2019, Semoga Tidak Terulang Kembali

avatar Parlementaria.ID

Diagram Kota Jakarta - Terima akun Sistem Informasi Partai Politik (Sipol) dsri Komisi Pemilihan Umum (KPU). Pascapenyerahan akun tersebut membuat Badan Pengawas Pemilihan UmumĀ  (Bawaslu) lebih maksimal dalam mengawasi pendaftaran verifikasi parpol peserta Pemilu 2024.

"Nantinya setiap hari akan ada komisioner atau staf yang hadir di KPU. Kami telah buat tim tahapan pendaftaran mendatang. Ketua bawaslu sebagai koordinator pengawasan tahapan proses pemilu ini," katanya dalam Rapat Koordinasi terkait kebijakan KPU Nomor 4 Tahun 2022, di kantor KPU, Senin, (25/7/2022).

Baca Juga: 'Wasra' Dan 'Wasri', Si Burung Hantu Maskot Bawaslu

Ia menambahkan, ke depan akan melakukan langkah pengawasan Sipol secara bertahap bersama. Yakni, oleh tim teknis kedua lembaga. Selain itu, juga untuk minimalisir terjadinya kesalahan. Sehingga jika ada masalah bisa tertangani dengan cepat.

Baca Juga: Bawaslu Siak Gelar Festival Budaya, Loly Harap 'Deterrence Effect' Cegah Kecurangan Pemilu

"Kami sudah punya pengalaman mengawasi Sipol pada 2019 lalu. Semoga masalah seperti tidak ada notifikasi ketika parpol selesai unggah data dan masalah lainnya tidak terulang kembali," jlentrehnya.

Pada kesempatan yang sama, Ketua KPU Hasyim Ashari mengatakan, memberikan akun Sipol kepada Bawaslu merupakan komitmen KPU untuk permudah Bawaslu dalam melakukan pengawasan. Dan juga, dia melihat langkah ini juga sebagai pertanggung jawaban KPU terhadap publik.

Baca Juga: "Kejarlah Janji" Main Perdana di Surabaya, Upaya Sosdiklih KPU Di Tengah Era Disrupsi

"Komitmen kami dalam menjalankan tugas dan peran masing-masing sebagai penyelenggara pemilu. Terutama dalam akses keterbukaan kepada publik," pungkasnya. (P01/bawaslu)

Editor : Parlementaria